Motivation

KEUTAMAAN BERZIKIR KETIKA TERJAGA DI MALAM HARI

posted 23 Juli 2010

عن عبادة بن الصامت t، عن النبي r قال: ((مَن تَعارَّ من الليل فقال: لا إله إلا اللهُ وَحْدَهُ لا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ ولهُ الْحَمْدُ وهُوَ على كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، الحمدُ للهِ، وسبحانَ اللهِ، ولا إله إلا اللهُ، واللهُ أَكْبَرُ، ولا حَوْلَ ولا قُوَّةَ إلا بِاللهِ، ثم قال: اَللّهُمَّ اغْفِرْ لي – أو دعا – استُجِيبَ له، فإنْ توضأ وصلى قُبِلتْ صلاتُه)) رواه البخاري وغيره.

Dari ‘Ubadah bin Shamit, dari Rasulullah beliau bersabda: “Barangsiapa yang terjaga di malam hari, kemudian dia membaca (zikir tersebut di atas): Tiada sembahan yang benar kecuali Allah semata dan tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, dan Dia maha mampu atas segala sesuatu, segala puji bagi Allah, maha suci Allah, tiada sembahan yang benar kecuali Allah, Allah maha besar, serta tiada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, kemudian dia mengucapkan: “Ya Allah, ampunilah (dosa-dosa)ku”, atau dia berdoa (dengan doa yang lain), maka akan dikabulkan doanya, jika dia berwudhu dan melaksanakan shalat maka akan diterima shalatnya”[1].

Hadits yang mulia ini menunjukkan besarnya keutamaan orang yang berzikir ketika terjaga di malam hari, kemudian dia berdoa kepada Allah atau melakukan shalat[2].

Imam Ibnu Baththal berkata: “Allah menjanjikan melalui lisan (ucapan) nabi-Nya bahwa barangsiapa yang terjaga dari tidurnya (di malam hari) dalam keadaan dia lidahnya selalu mengucapkan (kalimat) tauhid kepada Allah, tunduk pada kekuasaan-Nya, dan mengakui (besarnya limpahan) nikmat-Nya yang karenanya dia memuji-Nya, serta mensucikan-Nya dari (sifat-sifat) yang tidak layak bagi-Nya dengan bertasbih (menyatakan kemahasucian-Nya), tunduk kepada-Nya dengan bertakbir (menyatakan kemahabesaran-Nya), dan berserah diri kepada-Nya dengan (menyatakan) ketidakmampuan (dalam segala sesuatu) kecuali dengan pertolongan-Nya, sesungguhnya (barangsiapa yang melakukan ini semua) maka jika dia berdoa kepada-Nya akan dikabulkan, dan jika dia melaksanakan shalat akan diterima shalatnya. Maka bagi orang sampai kepadanya hadits ini, sepantasnya dia berusaha mengamalkannya dan mengikhlaskan niatnya (ketika mengamalkannya) untuk Allah I”[3].

Faidah-faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

– Imam Ibnu Hajar berkata: “Perbuatan yang disebutkan dalam hadits ini hanyalah (mampu dilakukan) oleh orang telah terbiasa, senang dan banyak berzikir (kepada Allah), sehingga zikir tersebut menjadi ucapan (kebiasaan) dirinya sewaktu tidur dan terjaga, maka Allah memuliakan orang yang demikian sifatnya dengan mengabulkan doanya dan menerima shalatnya”[4].

– Keutamaan mengucapkan zikir ini juga berlaku bagi orang yang terjaga di malam hari kemudian dia mengucapkan zikir ini (berulang-ulang) sampai dia tertidur. Imam an-Nawawi berkata: “Orang yang terjaga di malam hari dan ingin tidur (lagi) setelahnya, dianjurkan baginya untuk berzikir kepada Allah I sampai dia tertidur. Zikir-zikir yang dibaca (pada waktu itu) banyak sekali yang disebutkan (dalam hadits-hadits Rasulullah), di antaranya … kemudian beliau menyebutkan hadits di atas[5].

– Di antara para ulama ada yang menjelasakan bahwa peluang dikabulkannya doa dan diterimanya shalat pada saat setelah mengucapkan zikir ini lebih besar dibandingkan waktu-waktu lainnya[6].


[1] HSR al-Bukhari (no. 1103), Abu Dawud (no. 5060), at-Tirmidzi (no. 3414) & Ibnu Majah (no. 3878).

[2] Lihat kitab “Shahih Ibni Hibban” (6/330) dan “al-Washiyyatu biba’dhis sunani syibhil mansiyyah” (hal. 185).

[3] Dinukil oleh imam Ibnu Hajar dalam kitab “Fathul Baari” (3/41).

[4] Kitab “Fathul Baari” (3/40).

[5] Kitab “al-Adzkaar” (hal. 79 – cet. Darul Manar, Kairo, 1420 H).

[6] Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” (9/254).

KEUTAMAAN ANAK YANG SHALEH

posted 23 juli 2010


عن أبي هريرة t، عن النبي r قال: ((إن الرجل لترفع درجته في الجنة فيقول: أنى هذا ؟ فيقال: باستغفار ولدك لك)) رواه ابن ماجه وأحمد وغيره بإسناد حسن.

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda: “Sungguh seorang manusia akan ditinggikan derajatnya di surga (kelak), maka dia bertanya: Bagaimana (aku bisa mencapai) semua ini? Maka dikatakan padanya: (Ini semua) disebabkan istigfar (permohonan ampun kepada Allah yang selalu diucapkan oleh) anakmu untukmu”[1].

Hadits yang agung ini menunjukkan keutamaan memiliki anak yang shaleh serta keutamaan menikah untuk tujuan mendapatkan keturunan yang shaleh. Imam al-Munawi berkata: “Seandainya tidak ada keutamaan menikah kecuali hadits ini saja maka cukuplah (menunjukkan besarnya keutamaannya)”[2].

Faidah-faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:

– Keutamaan dalam hadits ini berlaku bagi hamba Allah yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan[3].

– Anak yang shaleh termasuk sebaik-sebaik usaha yang dilakukan oleh seorang mukmin dalam hidupnya, karena semua amal kebaikan yang dilakukan oleh anak yang shaleh pahalanya akan sampai kepada orang tuanya, secara otomatis dan tanpa perlu diniatkan, karena anak termasuk bagian dari usaha orang tuanya. Inilah makna sabda Rasulullah : “Jika seorang manusia mati maka terputuslah (pahala) amalnya kecuali dari tiga perkara: sedekah yang terus mengalir (pahalanya karena diwakafkan), ilmu yang terus diambil manfaatnya (diamalkan sepeninggalnya), dan anak shaleh yang selalu mendoakannya”[4].

– Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani – semoga Allah merahmatinya – berkata: “(Semua pahala) amal kebaikan yang dilakukan oleh anak yang shaleh, juga akan diperuntukkan kepada kedua orang tuanya, tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala anak tersebut, karena anak adalah bagian dari usaha dan upaya kedua orang tuanya. Allah berfirman:

{وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى}

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya” (QS an-Najm:39).

Rasulullah bersabda: “Sungguh sebaik-baik (rezki) yang dimakan oleh seorang manusia adalah dari usahanya sendiri, dan sungguh anaknya termasuk (bagian) dari usahanya”[5].

Kandungan ayat dan hadits di atas juga disebutkan dalam hadits-hadist (lain) yang secara khusus menunjukkan sampainya manfaat (pahala) amal kebaikan (yang dilakukan) oleh anak yang shaleh kepada orang tuanya, seperti sedekah, puasa, memerdekakan budak dan yang semisalnya…”[6].

– Sebagian dari para ulama ada yang menerangkan makna hadits ini yaitu: bahwa seorang anak jika dia menempati kedudukan yang lebih tinggi dari pada ayahnya di surga (nanti), maka dia akan meminta (berdoa) kepada Allah  agar kedudukan ayahnya ditinggikan (seperti kedudukannya), sehingga Allah pun meninggikan (kedudukan) ayahnya. Ini berdasarkan keumuman makna firman Allah:

{آباؤكم وأبناؤكم لا تدرون أيهم أقرب لكم نفعاً}

“(Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu” (QS an-Nisaa’:11)[7].

– Hadits ini juga menunjukkan bahwa istigfar (permohonan ampun kepada Allah) dapat menggugurkan dosa-dosa dan meninggikan derajat seorang hamba sampai pada tingkatan yang tidak dicapai dengan amal perbuatannya yang lain, terlebih lagi jika hamba tersebut banyak beramal shaleh dan melakukan istigfar[8].


[1] HR Ibnu Majah (no. 3660), Ahmad (2/509) dan lain-lain, dishahihkan oleh al-Buushiri dan dihasankan oleh syaikh al-Albani dalam “Silsilatul ahaaditsish shahiihah” (no. 1598).

[2] Kitab “Faidhul Qadiir” (2/339).

[3] Ibid.

[4] HSR Muslim (no. 1631).

[5] HR Abu Dawud (no. 3528), an-Nasa’i (no. 4451), at-Tirmidzi (2/287) dan Ibnu Majah (no. 2137), dihasankan oleh imam at-Tirmidzi dan dinyatakan shahih oleh syaikh al-Albani.

[6] Kitab “Ahakaamul janaaiz” (hal. 216-217).

[7] Lihat kitab “Faidhul Qadiir” (2/339).

[8] Ibid.

TIPS AGAR TIDAK MENJATUHKAN MOTIVASI KARYAWAN

posted 30 Nov 2009

pEACE bOSs

Salah satu kunci penting memotivasi karyawan adalah menghindari

tindakan-tindakan yang membunuh motivasi karyawan. Ini berarti, memotivasi

karyawan tidak cukup hanya dengan mendorong karyawan berperilaku

motivatif,tetapi juga menjaga diri anda, sebagai seorang pimpinan , untuk

tidakmelakukan sesuatu yang dapat mematahkan semangat karyawan. Sikap

negatif anda dapat menghalangi sesuatu positif dari orang lain.

Ada banyak hal yang dapat mengendurkan motivasi karyawan. Yang terpenting

berasal dari anda sendiri. Berikut beberapa tips beberapa tindakan yang

perlu anda ingat-ingat, karena bila tidak, anda dapat menjatuhkan motvasi

karyawan.

1–Jangan mengkritik karyawan di hadapan orang lain.

Ini adalah pembunuh motivasi nomor satu. Jangan permalukan karyawan

dihadapan orang lain. Meski anda mengatakan sesuatu yang menurut anda

benar,namun mengkritiknya di depan umum, dapat melukai perasaannya. Kritik

anda dapat meninggalkan bekas luka dalam yang mengubah motivasi menjadi

sakit hati dan dendam berkepanjangan.

2–Jangan menghina/merendahkan karyawan.

Melontarkan kata-kata seperti, “bodoh”, “goblok”, atau kata-kata penuh

hinaan lain adalah tindakan yang harus dihindari jauh-jauh. Berhati-hatilah

dengan perkataan anda. Jangan sepelekan orang lain. Mereka takkan melakukan

sesuatu yang anda inginkan dengan baik jika anda sendiri menganggap mereka

tidak becus.

3–Jangan menganggap karyawan sebagai alat.

Sebagai pimpinan , anda memang menggunakan orang lain untuk mencapai

tujuan.Namun, jika anda bersikap seolah-olah memperalat karyawan demi tujuan

anda sendiri, anda akan kehilangan simpati dan motivasi karyawan untuk mau

bekerja pada anda. Libatkan karyawan pada tujuan bersama. Tunjukkan bahwa

anda bersama mereka sedang mencapai tujuan demi keberhasilan bersama.

4–Jangan berlaku tidak adil.

Adalah wajar jika anda senang pada karyawan-karyawan terbaik anda. Namun itu

bukan alasan untuk berlaku tidak adil. Perlakuan diskriminatif mudah sekali

menjatuhkan semangat seluruh karyawan. Terlebih lagi bila anda tak sadar

sedang “dijilat” oleh karyawan yang anda sukai.

Jangan sekali – kali men-judge ada departemen yang menghasilkan dan ada

departemen yang tidak menghasilkan.

5–Jangan hanya memikirkan diri sendiri.

Bagaimana perasaan anda saat mendengar atasan membanggakan dan memikirkan

kepentingan dirinya sendiri. Anda mungkin merasa direndahkan secara tak

langsung. Atau anda mungkin merasa atasan anda sedang mengambil keuntungan

dari anda. Maka, itu pulalah yang dirasakan oleh karyawan anda jika anda

hanya berpusat pada diri sendiri dan tak memberikan perhatian pada mereka.

6–Jangan ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Karyawan membutuhkan sebuah keputusan yang tegas, segera, namun bijaksana

dari atasannya. Jika anda tampak bimbang dengan keputusan anda

sendiri,karyawan akan merasa lebih bimbang lagi. Ini cepat sekali menjegal

motivasi.Bukan hanya itu, mereka mungkin tak lagi mempercayai kemampuan diri

mereka sendiri juga anda.

7–Jangan melemparkan tanggung jawab.

Tugas pimpinan / manajer adalah membimbing karyawan agar lebih baik dan

berhasil. Salah satunya adalah dengan mendelegasikan wewenang. Tapi itu

bukan berarti anda terlepas dari tanggung jawab atas tugas tersebut.

Melemparkan tanggung jawab dapat meruntuhkan kepercayaan mereka pada anda

sebagai seorang pemimpin. Disaat-saat sulit, tunjukkan tanggung jawab anda.

Ini menumbuhkan hormat pada anda.

8–Jangan kaku, namun jangan turunkan standar kualitas anda.

Situasi tidak selalu berjalan sebagaimana diharapkan. Anda harus bersikap

tegas, namun jangan diartikan sebagai sikap kaku. Terbuka dan terimalah

masukan-masukan dari karyawan anda. Namun, anda tetap harus menjaga

standarkualitas yang anda inginkan. Jika anda toleran terhadap sebuah

kelemahan,anda menurunkan moral karyawan lain yang memiliki inisiatif

tinggi.

9–Jangan menunjukkan ketidakpercayaan.

Kunci memotivasi orang adalah memberikan kepercayaan pada mereka.Sebaliknya,

mematikan motivasi karyawan paling mudah dilakukan dengan mencabut kembali

kepercayaan itu. Sepatah ucapan yang menunjukkan ketidakpercayaan sudah

cukup untuk menyingkirkan motivasi mereka.

10–Jangan acuh tak acuh pada karyawan.

Jika anda ingin meruntuhkan motivasi karyawan, jangan berikan perhatian

apapun pada mereka. Jangan beri umpan balik. Jangan ingat kejadian-kejadian

penting dalam hidup mereka. Jangan berikan waktu bagi mereka untuk

berbincang-bincang. Jauh lebih mudah mematahkan semangat, ketimbang

membangunnya. Untuk itu, hindari hal-hal yang bisa membunuh motivasi

karyawan.

Dan itu, berarti menjaga tindakan anda sendiri.

3 responses

26 03 2010
Fauzi Bowo

Boleh tahu alamat perusahaannya. Saya membutuhkan konsultasi dan kimia untuk pengolahan limbah untuk kota Jakarta, khususnya untuk PAM JAYA.

9 06 2010
adi2003

cuy, boleh kirimin softcopy penetapan Fe dll, yang dikasih febby

13 07 2010
adi2003

ok sy sudah kirim contoh proposal yang termasuk drawing dan instalasi y via email japri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: